Behind The scene Kansazhi Kriwel...

Baca banyak postingan tentang crafter yang pada minta tutorial...jadi ini adalah pendapat pribadi saya..no heart feeling..

Dimulai dari mampir ke grup-grup crafter..nemu kanzashi kriwel yang cantiik... banget..lebih dari 20 orang like..dan lebih dari 10 orang yang komen..daaan...rata-rata bertanya..ada tutonya ga???
Si empunya bunga menjawab dengan sopan bahwa beliau tidak punya tuto dan mengarahkan agar searching atau googling atau cari-cari di You tube...

Salahkah si empunya bunga ?? dalam hal berjualan ya ga salah dong..yang nanya aja yang kurang ajar...dimana-mana orang berjualan ga akan pernah mau membagi rahasia mereka.....
kalau semua bisa bikin..lah..mana ada yang mau beli..lalu ada yang berdalih..kan lain tangan lain hasilnya..iya kalau lebih jelek..la kalau lebih bagus.. dijual lebih murah ...piye ?

Singkat cerita...karena penasaran plus saya termasuk orang yg ogah searching2 sana-sini..mulailah digunakan ilmu memandang....

Percobaan pertama menggunakan kain satin 2 cm..lipat sana-lipat sini... pasti ga jadinya...tangan kriting sih iya.....

Percobaan kedua pake flannel...ga jadi juga..karena kainnya jadi tebel ga cantik...

Akhirnya suatu sore ketika veve sedang mengerjakan tugas matematika tentang bangun datar...diguntinglah kertas lipat itu jadi macam-macam bentuk bangun...dasar  tangan emaknya ga mau diem..potongan-potongan segitiga dilipat-lipat daaaaaannnnn.....jadi...hurrrrah..... rahasia terpecahkan....secepat kilat mumpung lagi "panas" ambil flannel gunting2...dan inilah jadinya...cantik kan ?
Esoknya saya posting di grup....dan walaah... pertanyaan tentang tuto bertebaran di kolom komen...saya jawab sejujur-jujurnya...sedetail-detailnya... sambil menebar janji kalau someday saya bikin tuto-nya...mungkin yang jualan kanzashi kriwel mengutuk saya kali ya....

Lalu timbul pertanyaan..kenapa dibocorin mamiiii? jauh di dasar lubuk hati saya...saya cinta mengajar..bagi saya ilmu yang saya punya bukan milik saya tapi milik orang-orang yang belum tahu...
nah, disinilah letak perbedaannya...
selama 2 tahun saya mengajar anak - anak berumur 6-8 tahun... sebenarnya bukan mengajar...tapi memberi tahu apa yang saya lebih dulu tahu.... karena mereka anak-anak..tentu saja ingatan 3 menit mereka yang lebih dominan. .. maksudnya baru 3 menit di beri tahu..sudah lupa lagi..jadi...kalau mereka lupa..ya di beri tahu lagi...

Buat semua orang yang melabeli dirinya dengan crafter(  inilah bedanya dengan anak-anak tadi )....seharusnya sudah sangat siap dengan label itu...mereka setidaknya sudah pasti punya dasar-dasar membuat suatu kerajinan walaupun dengan nyontek sekalipun...mereka bukannya pribadi  yang harus diajari.. diingatkan...dibetulkan..bukannya seharusnya jiwa crafter mereka terusik membuat tanpa menyontek ?...

Lalu kenapa jadi ada tutonya mami???
Karena Janji saya......beberapa bulan setelah posting saya Grup H2C membuat  lomba tutorial.. Gayung bersambut..jadilah tutorial ini....Lunas hutang saya.......
Lalu apakah kontroversi berakhir di sini??.....selanjutnya yang jadi pertanyaan adalah tuto Rose bud..... kuota habiiiiissss  jadi .. to be continue...

Comments

Popular posts from this blog

Coret Satu Lagi

Lockwood & Co Series

Mencuri Ilmu