TUTORIAL KUPU-KUPU SATIN


Saya mendapat double block beberapa hari kemarin. Writer block dan Craft block...
Meskipun saya masih penulis kacangan.. setidaknya saya berusaha menulis setiap hari , mengedit berkali-kali, mengirim berkali-kali dan ditolak berkali-kali hehehe.. tidak apa-apa, no gain without pain.. tetap semangat, terlebih naskah satunya sudah bisa dipastikan akan molor ga sesuai jadwal seperti yang pertama hiks.
 
Craft block saya dapatkan karena jenuh dengan pe-er promosi hahaha.. senjata makan tuan.
Dan seperti biasanya, setelah semua cara dilakukan, mulai dari nongkrong di soompi berjam-jam ( ga ada drama menarik untuk di stalking.. pfuuf ), browsing beritanya hyunbin oppa, sampai re-run fated to love you berkali-kali, tetep aja moodnya ga dapet-dapet.
so, saya akhirnya move on...cure the poison with my passion. Ayo ngecraft.....
Karena mulai dari awal bulan sayana mabuk roll... rolled rose.. rosebud roll, roseround dan sebagainya.. dan sudah pasti membuat pururu ntar jadinya malah edisi mak lampir huwahahahaha..
jadilah saya selingkuh bentar.. ga selingkuh juga sih.. ni kupu juga bagian dari orderan.
Cekidot... fotonya blur coz difoto agak gelap sembunyi-sembunyi dari tuan muda yang lagi asik mencoret-dinding..
Ket :
1. Potong kain satin 6x6 , 4 lembar warna gelap, 3 lembar warna terang.
2. Tekuk jadi 2
3. Tekuk lagi sampai menjadi kelopak kanzashi. Potong bagian ujung dan bawahnya.
4. Buat 3 kelopak .. ini untuk ekornya.
5. Ambil 2 kain satin, terang dan gelap, masing-masing lipat menjadi segitiga dan tumpuk menjadi kapal layar.
6. Lipat-lipat sampai membentuk segitiga, lalu gulung salah satu sisinya, pertanyaan yang paling sering ditanyakan adalah bagaimana menggulungnya. Saya gulung biasa aja, ga pakai pinset, ntar ujungnya ditahan pakai lem, kalau terpaksa baru setelah dilipat saya putar lagi pakai ujung gunting.
7. Lem, potong ujung dan bawahnya.
8. Buat 2 kelopak dengan gulungan yang berlawanan, nah sayap dan ekor sudah jadi.
9. Satukan dengan lem, tambahkan antena ( mutiara renteng ) dan mutsinnya .
10. Bakar bagian belakangnya, tahap ini boleh dilakukan diawal sewaktu membuat kelopak-kelopaknya. Saya selalu melakukannya terakhir karena saya ga pakai lem tembak, lem lilinnya saya bakar.. jadi sekalian sewaktu lem mutsinnya :p
11. Jadi  deh...
12. Tutup bagian belakangnya dengan kain flanel.

Tuto ini sebenarnya sudah ada banyak, karena ini kan sama aja dengan membuat kanzashi.. jadi eksplor sendiri ya... bikin kupu versimu!! yuk semangat !!







Comments

Popular posts from this blog

Coret Satu Lagi

Lockwood & Co Series

Mencuri Ilmu