Jahit VS Lem Rosebud ( Lagi )



Sorri.. ga akan ngomongin soal Fp ya guys.. saya udah mabuk FanPage tahun lalu.. silahkan cap cus ke grup Happy House Crafter kalau mau tahu tentang Fp. Lengkap dah di sana..

Saya kali ini mau bercerita tentang rosebud .. Bukan rosebud versi jahit dan lem ya.. tapi rosebud versi JUMPUT.. Hahaha.. versi apalagi itu?
Jadi saya sedang belajar membuat rosbud mini uk 1 cm dari pita 1 cm yang mustahil dikerjalan dengan versi jahit.
Pakai yang versi lem, jadinya ga bagus.. akhirnya coba-coba.. dapatlah saya versi jumput. Gimana caranya ? ya dijumput.. Tutonya dong... ga bisa.. dan ga akan dibuat tutonya, kecuali kalau ada yang mau rekam. soalnya ga bakalan mudeng kalau di foto step per step.. atau main ke rumah saya aja deh.. ntar saya ajari semuaaaanya...

Versi jumput ini ternyata luar biasa, setelah berhasil membuat uk.1 cm, saya coba pakai pita 2,5 cm dan taraaaa jadilah rosebud uk. 3 cm yang bentuknya serupa !!!!!
Membuat rosebud dengan bentuk yang serupa pakai teknik lem bagi saya bagaikan neraka, ga pernah dapet feelnya dan hasilnya pasti ga sama satu dengan yang lain. Makanya saya ga pernah menjual yang versi lem.
Tapi dengan versi jumput ini, terlihat serupa satu dengan yang lain.
Dan yang mencengangkan, pita yang dipakai untuk menghasilkan rosebud 3 cm itu sangat pendek !!! kurleb 35-40 cm !!!
Huwahahahahaha.. bayangkan betapa komersilnya rosebud versi ini.. membuatnya cepat, terlihat serupa, modalnya cekak pulaaaa..
Dan saya akhirnya galau....
Pengen membuat yang versi ini biar harganya murah dan tentu saja banyak yang mau.. siapa yang ga mau harga murah ?
Struggle.. akhirnya saya membuat percobaan dulu.. gencet sana-sini apakah ini rosebud berubah bentuk, stalking sana-sini, rewind apakah pangsa pasar saya cocok?
Dan.. akhirnya keputusan saya.. saya ga akan menjual yang versi ini.. mengapa ?




Pertama, Rosebud versi Jumput ini bawahnya kopong..versi lem juga sih.. tapi kopongnya ga serapuh yang versi jumput. setelah dicoba, ini akan bermasalah di pengepakan. You know, kalau di ekspedisi di gencet sama barang lainnya yang beratnya bisa lebih dari 50 kg.. ini rosebud bisa gepeng dan ancur bentuknya... nah.. siapa yang tanggung jawab ntar kalau ada customer komplain.. Packingya pakai dus dong mam.. iyaaa kalau customer mau kena volume ya....banyak ga maunya daripada maunya xixixixi..



Nah, Rosebud versi jahit, bawahnya padat dan berisi, sudah saya coba gencet-gencet... bentuknya tetap dan keras, jadinya walau ada juga resiko berubah bentuk sewaktu pengiriman, setidaknya resiko itu kecil, ga sebesar yang versi jumput.

Kedua, ini subyektif ya... mengandung unsur promosi juga..
Versi jahit menurut saya lebih berkelas.. soalnya bentuknya itu khas, sejauh yang saya coba.. saya bisa mengenali rosebud itu dibuat pakai lem atau dijahit hanya dengan melihat lipatan kelopaknya.. dan yang penting.. customer saya adalah para broker dengan pangsa pasar end user.. jadi kayanya mereka lebih nyaman dengan yang versi jahit.

Bukan berarti yang versi lem itu ga bagus ya guys.. ntar diprotes crafter lain saya. Yang saya ceritakan ini adalah versi saya dan pertimbangan saya. Mungkin saja crafter lain yang spesialis versi lem menemukan cara packing yang tepat jadi rosebudnya tetap cantik walaupun melewati keganasan ekspedisi.. jadi jangan skeptis dulu... no heart feeling..:)

HARGANYA ...
Sewaktu Saya ganti Dp di BB pakai rosebud mini yang versi jumput lengkap dengan harganya yang tentu saja jauuuh lebih murah daripada rosebud 2 cm... ya iyalah.. ukurannya aja ga sama..
Ada yang langsung bbm saya, selain order yang mini, nanya juga yang ukuran 3 cm.. saya jawab 20 ribu / lusin.. beliau langsung nawar dan memberikan informasi kalau ada yang menjual jauuuuh lebih murah dari saya...waaaah.. ayo dibully mami..hahahaha...
Jangaaaaan... dilarang bully membully kalau berurusan dengan saya.. saya jelaskan kalau harga saya harga yang rasional untuk yang versi jahit... baru deh saya cari mana OS yang menjualnya jauuuh lebih murah..
Dan... ketika sudah nemu... baru saya ngerti.. tentu saja ownernya bisa menjual dengan harga sedemikian, wong rosebudnya dibuat dengan pita 2,5 cm ...
Lha kok bisa lebih murah ?
Mari kita berhitung :
Versi Jahit uk. 3 membutuhkan pita 4 cm dengan panjang 65 cm ( harga pita semeternya 2000.. saya pakai harga meteran aja ya ) jadi biaya material mentahnya kurleb :  1300...
Versi jumput ( saya tidak tahu si owner pakai versi apa ) uk. 3 cm pakai pita 2,5 cm panjang 40 cm ( harga pita semeternya 1500 ) : 600 rupiah..
Nah separuhnya lebih kannnnn...

Jadi jangan langsung nyap-nyap ya.. teliti dulu sebelum menghakimi.
Kalau begitu.. boleh dong yang versi jumput ini dijual dengan harga versi jahit...
Boleeeeh.... kalau anda ga punya hati nurani...
Bagi saya berbisnis itu juga harus jujur.. walaupun customer ga ngeh .. rasanya kok kita berbohong ya.. saya tidak suka berbisnis dengan cara itu.. ga bisa tidur bok....
 

Harga tentu saja harus serasional mungkin sesuai dengan pangsa pasar kita... mau ambil keuntungan 100 % , 1000 %.. boleh-boleh saja...pasar nanti yang akan mengeliminasi...
Anyway....para broker yang sedang mencari aplikasi.. silahkan lebih teliti sebelum membeli.. sesuaikan dengan pangsa pasar yang anda tuju... dan yang lebih penting.. lihat dulu isi dompet anda...









Comments

Popular posts from this blog

Rambut Singa

TUTORIAL RAMBUT SINGA

Titik Jenuh