THE ROSVERO THEORY ( PART 2 )


 I'm not in a good mood now, but try my best to finish this article..

Rumus untuk membuat rosebud satin versi jahit juga bisa digunakan untuk membuat rosebud roll. Tutorialnya klik di sini
Sekali lagi, teknik menggulung mempengaruhi panjang pita, jadi untuk menghasilkan rosebud roll diameter 3 cm menggunakan rumus, menggulungnya jangan terlalu rapat.
Oh ya, untuk membuat rosebud versi lem, rumus yang digunakan juga sama, hanya hilangkan saja +5nya karena biasanya pita yang dibutuhkan lebih pendek.
Saya tidak menjual yang versi lem atau versi jumput. Alasannya klik di sini

Rolledrose

Rumus rosebud tidak bisa digunakan untuk membuat rolled rose, tapi saya menggunakan acuan panjangnya. Untuk membuat rolled rose dengan diameter 4 cm seperti gambar, saya menggunakan pita uk. 2,5 cm dengan panjang 60-70 cm.
Yang harus diperhatikan adalah frekuensi lipatan, rolled rose versi saya lipatannya berjarak rapat satu sama yang lain, sehingga dalam 1 pcs rolled rose kelopaknya ada kurleb 6 tumpuk.
Tapiiii.. kalau mau lebih ekonomis, alias ngirit pita, jarak lipatannya bisa dibuat agak jauh, sehingga pita yang dipakai untuk membuat rolled dengan diameter 4 cm, kurang lebih 50 cm.
Saya tidak sreg dengan versi ekonomis ini, lebih suka versi asli milik saya.
Untuk membuat rolled dengan diameter lebih besar, ya gunakan pita yang lebih lebar, biar porposional.
Pick your own style..





Rolledrose two tone
Paling suka membuat yang ini.
Alasannya, pitanya pendek, cepat selesai, warna-warni pula..hahaha crafter males.
Membuat two tones, pita yang digunakan separuh dari pita yang digunakan untuk membuat rolled rose.
Jadi untuk membuat two tone dengan diamete 4 cm, panjang pita 30-35 cm untuk masing-masing warna.

                                                                                                                                                                                  
Add caption                                                                                           



 Round Rose
Ukurannya sama dengan ukuran pita yang digunakan untuk membuat rolled rose. Untuk round rose ukuran 4 cm, panjang pita 2,5 cm yang digunakan kurleb 60-70-75 cm. Sekali lagi tergantung cara menggulungnya.
Khusus untuk yang berukuran 5 cm saya menggunakan pita 4 cm dengan panjang 80 cm.




That's all... untuk membuat aplikasi rose, saya hanya fokus pada satu titik. Porposional, membuat berbagai ukuran aplikasi menggunakan 1 jenis pita bisa saja, tapi hasil akhirnya tidak cantik dari segi besarnya, bisa saja jadinya terlalu mancung atau  terlalu gepeng.
Saya percaya tiap crafter punya acuan dan perhitungan sendiri, mudah-mudahan sharing saya bisa menjadi acuan untuk crafter yang baru mulai belajar membuat aplikasi rose.
Terima Kasih untuk ikut berkonspirasi dengan saya di Rosvero Theory.. selamat mencoba. Happy crafting !!


Comments

Popular posts from this blog

Coret Satu Lagi

Lockwood & Co Series

Mencuri Ilmu