Ribut soal harga ( Lagi )


Saya sedang dikejar deadline karena list nyelip. Orderannya 1 gross rosebud mini , 1 lusin rosebud 3 cm dan 1 lusin roseburn.
Niatnya posting supaya si customer ini tahu kalau orderannya sedang dikerjain. Ternyata postingan saya ini menarik juga. Inbox mulai masuk , rata-rata nanya berapa harganya. Saya tidak pernah sekalipun menyembunyikan harga. Siapapun yang bertanya, baik itu melalui inbox atau via komentar, selalu saya jawab. Ternyata oh ternyata, ada yang bilang harga saya kemahalan, ada yang bilang harga saya kemurahan.
Terus terang dalam keadaan normal, saya no reken. Tapi kok ini inbox makin menjadi-jadi ya..
Gemes lah saya. Biasanya kalau ada yang begini, di suatu tempat pasti terjadi sesuatu. Saya stalking sebentar. Beberapa status teman crafter ada yang berkeluh-kesah tentang bully-membully crafter yang menjual kreasinya di bawah harga pasaran. Saya sebenarnya sedih, mengapa ini pada langsung nge-judge tanpa dilihat dan diperhatikan dulu.
Jadilah saya membuat postingan baru. Menunggu dibully.
Karena yang dipertanyakan adalah si rosebud mini ini, inilah postingan saya :

 Teman-teman.. Let me clear this one...
saya pakai pita 1, 5 cm panjangnya 10 cm. Harga modal saya plus keuntungan hampir 200 % adalah 150 rupiah per biji.. Dengan harga jual 7 ribu per lusin, saya untung 30 ribuan untuk setiap 6 lusin. Dan kalau dibuat dalam keadaan normal, dalam waktu 3 jam sudah dapat 6 lusin. Jadi untuk saya itu adalah harga yang Rasional. Mengambil laba tergantung masing-masing crafter. No heart feeling ya guys. Harga Rasional hanya setiap crafter yang tahu.
Sebagai perbandingan lain. Saya menjual rosebud jahit 3 cm 20 ribu per lusin. Ada yang menjual rosebud ukuran sama dengan harga 15 ribu per lusin. Terlalu murahkah yang menjual 15 ribu / lusin ? Stop, lihat dulu bahan dan teknik yang digunakan.
Rosebud yang dijual dengan harga 15 ribu / lusin sudah pasti menggunakan teknik lem atau malah dengan teknik jumput yang sangat hemat bahan. Pita yang digunakan adalah pita 2,5 cm dengan panjang tidak lebih dari 40 cm, atau lebih pendek malah. Jadi crafter yang menjual dengan harga sekian pasti sudah memperhitungkan dengan benar. Perkara ada crafter lain yang membanting harga, mari diam dulu dan lihatlah.



Postingan yang membuka rahasia perhitungan saya. Biarin...
Sungguh saya kesal. Seringkali yang membully itu sebenarnya hanya langsung njeplak saja. Mereka ga mau diam dan melihat dulu.
Banyak faktor yang memicu terjadinya perbedaan harga. Saya bicara soal crafter aplikasi aja ya. Karena kalau membandingkan dengan para broker itu tidak apple to apple.
Crafter aplikasi sebenarnya menjual waktu dan skill, diluar bahan baku lo ya.
Crafter aplikasi tidak menjual kreativitasnya. Karena yang dijual kan masih bentuk mentah.
Aplikasi yang dijual masih harus dipermak lagi oleh para Broker ( Brooch Maker ). Jadi tentu saja, yang mendapat laba paling banyak adalah para Broker. Dan ini lumrah. Broker harus memadu madankan warna, membuat desain yang unik, memikirkan packing, belum lagi harus memikirkan foto produk.
Crafter aplikasi ? yang penting aplikasi jadi dan siap dikirim tepat waktu. Ga mikirin warna, desain dan sebagainya. Wong bentuknya masih aplikasi.
Harganya ? tentu saja harga aplikasi.
Dalam kasus saya. Si rosebud mini. Harga saya sudah harga rasional. Untung saya juga udah banyak. Kenapa kok ga dijual lebih mahal lagi ? Saya tidak mau, wong untunge wes akeh kok, ben ga serakah.
Harga ini sebenarnya juga sudah mahal. Bandingkan dengan bunga kapas ( yang dijahit ), harganya 40-50 ribu per gross. Berarti per lusin bisa jadi cuma 4-5 ribu, padahal ini bikinnya dijahit, bukan di lem seperti rosebud mini saya.

Kasus perbedaan harga karena perbedaan bahan baku dan cara pembuatan sebenarnya juga sudah pernah saya tulis. ni saya copaskan ya..

HARGANYA ...
Sewaktu Saya ganti Dp di BB pakai rosebud mini yang versi jumput lengkap dengan harganya yang tentu saja jauuuh lebih murah daripada rosebud 2 cm... ya iyalah.. ukurannya aja ga sama..
Ada yang langsung bbm saya, selain order yang mini, nanya juga yang ukuran 3 cm.. saya jawab 20 ribu / lusin.. beliau langsung nawar dan memberikan informasi kalau ada yang menjual jauuuuh lebih murah dari saya...waaaah.. ayo dibully mami..hahahaha...
Jangaaaaan... dilarang bully membully kalau berurusan dengan saya.. saya jelaskan kalau harga saya harga yang rasional untuk yang versi jahit... baru deh saya cari mana OS yang menjualnya jauuuh lebih murah..
Dan... ketika sudah nemu... baru saya ngerti.. tentu saja ownernya bisa menjual dengan harga sedemikian, wong rosebudnya dibuat dengan pita 2,5 cm ...
Lha kok bisa lebih murah ?
Mari kita berhitung :
Versi Jahit uk. 3 membutuhkan pita 4 cm dengan panjang 65 cm ( harga pita semeternya 2000.. saya pakai harga meteran aja ya ) jadi biaya material mentahnya kurleb :  1300...
Versi jumput ( saya tidak tahu si owner pakai versi apa ) uk. 3 cm pakai pita 2,5 cm panjang 40 cm ( harga pita semeternya 1500 ) : 600 rupiah..
Nah separuhnya lebih kannnnn...
Jadi jangan langsung nyap-nyap ya.. teliti dulu sebelum menghakimi.
Kalau begitu.. boleh dong yang versi jumput ini dijual dengan harga versi jahit...
Boleeeeh.... kalau anda ga punya hati nurani...
Bagi saya berbisnis itu juga harus jujur.. walaupun customer ga ngeh .. rasanya kok kita berbohong ya.. saya tidak suka berbisnis dengan cara itu.. ga bisa tidur bok....
 
Harga tentu saja harus serasional mungkin sesuai dengan pangsa pasar kita... mau ambil keuntungan 100 % , 1000 %.. boleh-boleh saja...pasar nanti yang akan mengeliminasi...
Anyway....para broker yang sedang mencari aplikasi.. silahkan lebih teliti sebelum membeli.. sesuaikan dengan pangsa pasar yang anda tuju... dan yang lebih penting.. lihat dulu isi dompet anda... 
 
Jadi ya para crafter, boleh kan sebelum berkomentar atau malah membully seseorang, diamlah dulu dan perhatikan. Kalau punya banyak waktu stalkinglah yang bersangkutan, cari tahu di mana dia membeli bahan, teknik apa yang digunakan, banyak atau tidak asistennya, dan so on.

Kalau saya, daripada melakukan itu, walaupun hanya mampir dan mengetik komen yang memicu kontroversi, mending saya balik rumah saya sendiri, ngurusin jualan saya.

Kalaupun ada yang memang niat mempermainkan harga, percayalah, yang begituan ga akan bertahan lama. Minggir dan diamlah, lihat siapa yang mati duluan. Setuju!
No heart feeling, No Bully ya!
 
 

Comments

Popular posts from this blog

Rambut Singa

Titik Jenuh

Lockwood & Co Series