My OS, My Rules

Setiap ada penjual pasti akan ada pembeli...di dunia OS ini..para pelaku OS mendapatkan customer ibaratnya seperti memilih kucing di dalam karung...tidak ada yang tahu kucing berwarna apa yang dipilih...tidak ada yang akan tahu apakah kucing yang dipilih akan mencakar atau tidak.

Hampir 3 tahun berjualan online, udah berbagaiu macam tipe calon customer saya temui. Harapannya tentu saja hanya tipe-tipe yang baik saja yang akan muncul di OS saya..

Meskipun demikian, sama halnya dengan OS yang lain, tak jarang pula saya mengalami hari buruk karena Customer saya..
Ada yang cuma nanya-nanya mlulu...
Ada yang udah direkap trus hilang entah ke mana...
Ada yang nawar sampai nyungsep..sep.... habis itu ga jadi order...
Ada yang minta diskon, minta bonus, plus minta free ongkir...

Tapi ada pula yang berhati malaikat..
Ada yang cuma nanya sekali...nanya no rek tanpa banyak ruwet langsung transfer
Ada yang diem aja walo paketnya ga nyampe-nyampe...
Ada yang rela kelebihan ongkirnya ga dikembalikan...

Saya pribadi bersyukur untuk semua tipe customer yang mampir di lapak saya.
Bgi saya mereka mengajarkan banyak ilmu yang tidak akan saya dapatkan di buku manapun. Terutama ilmu kesabaran dan disiplin menaati aturan yang dibuat sendiri.

Peraturan atau Prosedur pemesanan di setiap OS bervariasi dan ini sebenarnya merupakan alat bantu yang baik bukan hanya untuk penjual tetapi juga pembeli..
Tetapi..... kita tak bisa mengontrol perilaku customer yang kadang cuek bebek terhadap prosedur yang udah kita sematkan di setiap lapak kita.

Itulah sebabnya saya akhirnya membuat aturan baru...bukan untuk customer..tapi untuk saya sendiri..

Dan Aturan itu adalah :

1. Tidak akan pernah memproses orderan jika transferan belum masuk
Sebenarnya aturan ini lebih karena Usaha saya adalah usaha modal cekak... modalnya ibarat sinetron kejar tayang..alias kalau tidak dibayar dimuka tidak akan ada modal saya untuk membeli bahan hihihihi...
Tapi dalam beberapa kondisi kadang saya melanggar aturan itu terutama untuk customer yang repeat order dan orang-orang yang sudah saya kenal...

2. Pantang update status tentang perilaku customer saya ( mudah-mudahan ini berlaku terus selamanya )
Kadang-kadang ada customer yang cerewet ini-itu, minta ini itu....tapi giliran diminta transfer leletnya minta ampun...
Kalau menuruti hati..rasanya gatal tangan ini update status paling tidak si empunya tersindir dan segera menunaikan kewajibannya.
Tapi akhirnya saya lebih memilih mengingatkannya lewat inbox memberinya batas waktu dan yang paling penting adalah melupakannya...
Status di FB personal kadang-kadang bias..bisa saja ada customer lain yang sensitif atau bahkan calon customer yang stalking hendak order jadi merasa tidak nyaman dan akhirnya tidak jadi atau bahkan membatalkan orderan di OS kita.
Bukannya tidak pernah, saya pernah sekali mengupdate status tentang customer yang menawar dengan harga nyungsep..lebih karena sakit hati saya, karena yang menawarnya adalah juga seorang crafter...:)

3. Mengawal orderan agar sampai di tangan customer dengan selamat
Sebenarnya tanggung jawab OS selesai ketika no resi sudah diberitahukan kepada Customer..
Tapi saya secara pribadi sering merasa tidak enak jika status paket belum sampai apalagi lebih dari seminggu.
Meskipun customer belum complain saya selalu mencari tahu terlebih dahulu mengapa paket saya belum sampai...
Itulah sebabnya saya selalu bertanya customer biasanya menggunakan ekspedisi apa ..karena kalau sudah berlangganan di satu ekspedisi proses pengiriman akan lebih cepat sebab kurir  sudah hapal dengan alamat customer.
Alasan lain adalah karena agen-agen ekspedisi di tempat saya lumayan banyak dan jaraknya tidak terlalu berjauhan sehingga ekspedisi apapun yang diminta customer biasanya saya bisa mencarikannya..

Itu aturan dasar untuk saya pribadi. Saya rasa setiap OS punya aturan sendiri-sendiri..tentunya demi kenyamanan antara penjual dan pembeli.

Setiap customer , calon customer, atau yang sekedar stop by ..baik yang cerewet, yang pengertian, yang kabur, yang cuma nanya - nanya..atau yang sekadar membandingkan harga...I love you all..no hard feeling ya...


Comments

Popular posts from this blog

Coret Satu Lagi

Lockwood & Co Series

Mencuri Ilmu