Titik Jenuh



Kalau sedang titrasi, titik jenuh itu kalau semua molekul di larutan yang dititrasi udah bergandengan semua dengan larutan titran. Larutannya jadi jenuh, jika satu tetes larutan titran yang jatuh akan bergandengan dengan indikator dan merubah warna larutan . Bingung ya... hehe..

Jenuh itu eneg, rasanya kekenyangan. Setiap crafter pasti pernah merasakan ini. Apalagi crafter penjual yang menjual produk grosiran. Duitnya oke, karena cash flow cepat, tapi moodnya harus dijaga, karena yang dikerjakan ya itu-itu aja.

Saya seringgg sekali jenuh. Membakar ribuan kelopak, ngeroll berpuluh-puluh meter tiap hari ya pasti ada satu titik yang membuat saya jenuh. Udah 3 tahun lebih. Bukan karena enggak suka, suka dong. kan ada duitnya ( tetep matre ). Tapi di satu sisi pengen sekali bikin yang really me.

Saya masih suka nyolong-nyolong membuat hoopart. Tapi mengerjakannya barengan dengan list orderan aplikasi itu bikin stres tingkat dewa. Meski perjanjian awal selalu saya tekankan kalau saya ga bisa custom order yang saklek, tetep aja prosesnya enggak segampang yang dilihat dan dipikirkan . Bolak-balik konsultasi biar yang pesan juga sreg.

Semakin ke sini, semakin kuat keinginan saya fokus pada handmade yang saya banget. Penginnya jalan dua-dua. Aplikasi sebagai mesin uang dan hoopart sebagai identitas saya.
Sangat mengerti dengan teman-teman crafter yang frustrasi, masih bergelut dengan orderan itu-itu aja padahal ingin banget mengerjakan yang lain. Yang pengen mengerjakan craft yang free, yang tidak memikirkan pangsa pasar, yang tidak memikirkan keuntungan.

Buat yang sedang jenuh dan yang sedang mikir, " Saya ini crafter apaan ya? craft model apa yang benar-benar saya? yang sedang merasa berjalan di tempat dan merasa hanya bisa itu-itu aja.
I feel you.  Memang harus berani ngambil langkah awal, dan itu susah banget. Saya selalu tidak berani di bagian itu, padahal keinginan hati udah kuat banget. Nikmati saja, akan ada waktunya. Itu saya percaya.

So, keep happy, keep crafting.

Comments

Popular posts from this blog

Rambut Singa

Lockwood & Co Series