MENJUAL CINTA ( Part 3 )



REKAP DAN LUPAKAN

Rule 1 = Jangan pernah melakukan proses produksi atau pengiriman sebelum uang ditransfer.

Peraturan ini adalah harga mati buat OS.
Customer membayar dulu, baru produksi dimulai atau barang dikirim.

Proses transaksi OS bisa jadi panjaaaaang, seminggu ga closing-closing, atau bahkan dalam satu helaan napas, customer langsung transfer.
Untuk jualan saya yang aplikasi, saya biasa memberikan jeda 2-3 hari. Jeda waktu itu untuk mikir, kalau memang cocok ya lanjut transfer, kalau enggak cocok monggo cancel.

Jadi di akhir chat , setelah rekap selalu saya sertakan kalimat :

 " Ditunggu transferannya sampai tanggal sekian ya kak, lewat dari tanggal sekian kalau tidak ada kabar saya anggap cancel ya"

Setelah itu ya , lupakan, jangan lagi dipikirin. Cari customer lain lagi atau bikin ready stok.
Seringkali customer ga mematuhi perjanjian itu, kadang tiba-tiba ada 2 minggu kemudian transfer. Yang begini ini bikin jadwal saya kacau balau. Biasanya saya bilang kalau baru bisa dikerjakan tanggal sekian karena ada yang lagi dikerjain. Kalau mau lanjut, kalau enggak monggo di refund.

Saya sering nyolong start, kerjain dulu orderannya , padahal belum closing.
Nothing to lose karena kalau akhirnya cancel anggap saja ready stok.
Saya juga sering melanggar rule ini, terutama untuk customer yang langganan. Tapi tetap dengan niat bikin ready stok ya, walaupun akhirnya nanti kalau udah selesai, tiba-tiba customer cancel, jangan nelangsa, jangan juga menumpahkan kekesalan ke produknya.

Saya anti melabeli jualan saya dengan produk hit n run.

Korban Hit n Run itu kan pasti imagenya jelek, ngapain memberikan aura negatif ke produk yang kita jual dan dibikin dengan penuh Tjinta dan kasih sayang.
Difoto yang bagus dan jadikan ready stok. Promo terus. Tiap produk ada jodohnya, itu saya percaya.

Kalau buku, karena ga ada proses produksi, saya hanya prioritaskan jam transfer.
Jadi kalau transfer sebelum jam 2 masih bisa milih-milih ekspedisi yang berangkat hari itu.
Bersyukur rumah saya relatif dekat dengan macam-macam ekspedisi, jadi respon untuk buku plus pengiriman tidak pernah lebih dari 2 hari.

lanjut lagi besok....

Comments

Popular posts from this blog

Coret Satu Lagi

Lockwood & Co Series

Mencuri Ilmu